Rabu, 06 Mei 2009

HIDUP TANPA MASALAH ?

Mana ada manusia yang hidup di dunia ini hidup tanpa masalah. Rasanya hal itu mustahil. Secara kasat mata orang gila mungkin tidak punya masalah. Pergi ke sana dan kemari tidak perlu memikirkan orang lain. Apabila lapar makanan cukup meminta atau mencari di tong sampah tanpa perlu memikirkan untuk menyimpan makanan dan yang lainnya. Padahal kegilaannyalah yang menjadi masalah utama baginya. Begitu juga orang kaya. Ketika harta sudah tidak perlu dicari akan tetapi datang dengan sendirinya, diapun belum tentu bahagia. Kekayaan yang ada belum tentu bisa dinikmati seluruhnya. Makan makanan ada pantangannya, keluarga yang kurang harmonis, dan permasalahan lainnya.
Sesungguhnya manusia hidup tidak pernah lepas dari masalah. Mulai sejak lahir hingga mati permasalahn hidup datang silih berganti. Bahkan sesudah mati pun manusia akan menghadapi masalah yang baru lagi yakni ditanya dua malaikat di alam kubur. Sesudah hari kebangkitan, manusia digiring ke Padang Mahsyar untuk menghadapi masa penghisaban. Setiap amal perbuatan dan perkataan akan dipertanggungjawabkan.
Namun apakah permasalahan itu akan kita biarkan dan tidak kita selesaikan? Dalam menghadapi masalah kita haruslah mampu bersikap “dewasa”, walau kadang cukup disikapi dengan diam. Diam satu sisi memiliki nilai positif. Contohnya saja daripada marah dan melampiaskan kemarahannya tidak pada tempatnya lebih baik diam. Namun bukan berarti setiap permasalahan cukup dengan berdiam diri. Kita haruslah tetap mencari solusi.
Di sini saya bukan memberikan solusi bagaimana menjadikan hidup tanpa masalah, karena hal mustahil. Tetapi saya hanya ingin menghibur diri sendiri. Hadapi masalah tanpa masalah! (emang pegadaian )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar